Sabtu, 11 Mei 2013

ATASI MUAL, MAKAN SEDIKIT TAPI SERING



Asupan ibu hamil pada dasarnya adalah makanan gizi baik serta cukup beristirahat sudah mendukung kehamilannya. Namun, pada trimester pertama kebutuhan nutrisi memang sering kurang terpenuhi, hal ini disebabkan oleh munculnya morning sick ( mual dan muntah ) yang membuat ibu tak berselera makan.
Disisi lain trimester pertama merupakan masa menentukan bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Jika pada kehamilan trimester pertama terjadi kekurangan nutrisi bisa berakibat fatal. Selain mengganggu tumbuh kembang, kemungkinan terburuknya adalah ibu bisa mengalami keguguran.
Morning Sick pada trimester pertama adalah normal jika mual dan muntah tidak berlebihan. Meski merasa mual dan muntah, ibu tetap harus memaksa makan. Memang akan terasa sulit, karena tidak ada suplemen atau makanan yang dapat mencegah rasa mual dan muntah.
Untuk mengurangi rasa mual dan muntah jangan biarkan lambung kosong. Masukan makanan sedikit demi sedikit tapi sering. Hindari makanan yang beraroma menyengat dan bersantan. Banyak konsumsi buah segar dan minum hangat manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar